blog /

Buat Software Lebih Mudah, Produktif Dengan Monitor Tambahan?

Buat Software Lebih Mudah, Produktif Dengan Monitor Tambahan?
Ingin meningkatkan produktifitas kerja? Bekerja lebih nyaman? Terutama bagi pembaca yang bekecimpung dibidang IT pembuatan software seperti kami saat ini. Berikut share pengalaman dan tips sederhana yang mungkin bisa bermanfaat.

Sehari-hari dalam bekerja, seorang software programmer kerap harus membuka banyak layar aplikasi. Melakukan edit source program, melihat tampilan hasil, melakukan uji coba, membaca panduan, membuka database, membuka folder dan banyak lagi.

Beberapa waktu lalu kami temukan sebuah artikel menarik. Dari penelitian yang dilakukan Universitas Utah dan NEC. Seperti yang dibahas di blog pengembangan software amerika. Yang mengklaim bahwa dengan monitor tambahan dapat meningkatkan produktifitas kerja [1].

Ide ini sangat sederhana, namun cukup logis. Dengan menggunakan monitor tambahan kita akan dapatkan area layar dan sudut pandang lebih luas. Lebih banyak jendela aplikasi yang bisa kita buka, tidak saling bertumpuk.
 
 
Dan Kami Coba..

Tertarik dengan ide ini. Kami pun coba terapkan di awal tahun 2014 yang lalu. Kebetulan sekali sebagian besar perangkat komputer kami sudah menggunakan laptop (kecuali server). Yang pada dasarnya memang sudah menyediakan slot untuk monitor eksternal.

buat software

Slot monitor eksternal di laptop

Setiap programmer mendapatkan tambahan satu unit Samsung LED Flat Screen 18.5".

Buat software jadi lebih mudah

Buat software jadi lebih mudah

Betul juga hasilnya sangat positif dan bisa langsung dirasakan. Produktifitas kerja meningkat. Buat software jadi lebih mudah.
 
 
Penutup

Kebanyakan operating system seperti Windows, Mac dan Linux sudah mendukung penggunaan monitor lebih dari satu. Dan harga monitor juga sebetulnya cukup terjangkau, dan tersedia banyak sekali pilihan sesuai anggaran. Jadi memang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Jika pembaca kebetulan seorang programmer dan saat ini di kantor masih bekerja dengan satu monitor. Tidak ada salahnya untuk coba minta tambahan monitor. Silahkan tunjukkan artikel kami ini untuk referensi-nya :)
 
 
Sumber bacaan terkait:

Article ini bebas boleh di copy untuk ditampilkan di blog dan website lain. Namun harap cantumkan link sumbernya (website kami).
Lihat juga artikel lainnya:
Pembuatan Sistem, Integrasi WebService Untuk Tokopedia
Tips Pemrograman: Perhitungan Pecahan PHP Juga Bermasalah
Tips Pemrograman: Awas Problem Perhitungan Pecahan JavaScript
comments powered by Disqus